Nama Dosen : Bukti Ginting
Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
A. Faktor Kebudayaan
Faktor faktor kebudayaan memiliki pengaruh yang paling luas dan paling dalam pada perilaku konsumen. Para pemasar perlu memahami peran yang dimainkan kebudayaan, sub-budaya, dan kelas sosial. Faktor kebudayaan dibagi menjadi 3 yaitu :
1. Kebudayaan
Kebudayaan adalah penyebab keinginan dan perilaku seseorang yang paling mendasar. Perilaku manusia secara luas dipelajari. Para pemasar selalu mencoba menempatkan pergeseran budaya dalam rangka mengkhayalkan produk baru yang diinginkan.
2. Sub-Budaya
Sub-budaya adalah sekelompok orang dengan sistem nilai terpisah berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang umum.
3. Kelas Sosial
Kelas Sosial adalah bagian-bagian yang secara relatif permanen dan tersusun dalam suatu masyarakat yang anggota-anggotanya memiliki nilai, kepentingan atau minat, dan perilaku yang sama. Kelas sosial tidak ditentukan oleh sebuah faktor tunggal seperti penghasilan tetapi diukur sebagai suatu kombinasi dari pekerjaan, penghasilan, pendidikan, kekayaan, dan variabel-variabel lain.
B. Faktor Sosial
Perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti Kelompok kecil, keluarga, dan peran dan status sosial konsumen. Karena faktor-faktor sosial ini dapat mempengaruhi tanggapan konsumen, perusahaan-perusahaan harus memperhitungkannya ketika merancang strategi-strategi pemasaran mereka.
C. Faktor Pribadi
Keputusan seorang pembeli juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti usia dan tahap daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, dan kepribadian dan konsep diri pembeli tersebut.
D. Faktor Psikologis
Pilihan-pilihan pembelian seseorang juga dipengaruhi oleh empat faktor psikologis utama yaitu ; Motivasi, persepsi, pembelajaran, dan kepercayaan dan sikap.
Proses keputusan pembeli
A. Pengenalan masalah
Proses pembelian diawali dengan pengenalan masalah, dengan pembeli yang mengenali suatu masalah atau kebutuhan. Pembeli merasakan perbedaan antara keadaan aktualnya dan sebagian keadaaan yang diinginkannya. Tahap pertama dari proses keputusan pembeli adalah dimana konsumen mengenali suatu masalah atau kebutuhan.
B. Pencarian Informasi
Seorang konsumen yang tergerak pada suatu produk bisa atau tidak bisa mencari lebih banyak informasi, jika dorongan konsumen itu kuat dan produk yang dapat memuaskan kebutuhan ada di dekatnya, konsumen itu akan membelinya. Jika tidak, maka konsumen akan dengan mudah menyimpan kebutuhan itu dalam ingatannya atau melakukan pencarian informasinyang berkaitan dengan kebutuhan itu. Tahap dalam proses keputusan pembeli dimana konsumen digerakan untuk mencari lelbih banyak informasi, konsumen bisa dengan mudah memiliki perhatian yang ditingkatkan atau melakukan pencarian informasi aktif.
C. Evaluasi Alternatif
Tahap dalam proses keputusan pembeli dimana konsumen menggunakan informasi untuk mengevaluasi merek-merek alternatif dalam himpunan pilihan. Citra merek adalah himpunan kepercayaan yang dianut konsumen terhadap merek tertentu.
D. Keputusan Pembelian
Tahap dalam proses keputusan-pembelian dimana konsumen secara aktual membeli produk.
Untuk Download silahkan Klik Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar